Selasa, 14 Juni 2011

Tugas Midle Test ISBD
Nama : Heriadi Al Hifni Mata kuliah : ISBD
NIM : A1C110044 Dosen : Dr. Zulkifli M.
Prodi : Pendidikan Matematika Kode : AMBB 114

Kebudayaan adalah ciptaan manusia. Ciptaan berarti hasil olah pikir, teratur, serta bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, milik berssama/milik masyarakat. Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya.
Beberapa unsur kebudayaan yaitu:
- Alat perlengkapan hidup manusia
- Sistem mata pencaharian
- Sistem kekerabatan
- Sistem ilmu pengetahuan
- Sistem kesenian
- Sistem rezeki/kepercayaan
- Sistem bahasa
Macam-macam problema/masalah sosial:
- Kemiskinan
- Kejahatan
- Disorganisasi keluarga/keretakan keluarga
- Kenakalan generasi muda
- Pelanggaran norma
- Peperangan
- Kependudukan lingkungan hidup
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Budaya secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang memiliki arti mengerjakan tanah, mengolah, memelihara ladang (menurut Soerjanto Poespowardojo 1993). Selain itu Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Adapun menurut istilah kebudayaan merupakan suatu yang agung dan mahal, tentu saja karena ia tercipta dari hasil rasa, karya, karsa,dan cipta manusia yang kesemuanya merupakan sifat yang hanya ada pada manusia. Tak ada mahluk lain yang memiliki anugerah itu sehingga ia merupakan sesuatu yang agung dan mahal.
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.
ikhlas berasal dari Bahasa Arab (Akhlasho- Yukhlishu-Ikhlasan) yang artinya memurnikan. Sedangkan menurut istilah ikhlas berarti tidak mengharapkan suatu imbalan/tanpa pamrih terhadap apapun yang terjadi dan rela atas apapun yang telah Allah karuniakan.
Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Teknologi telah ada sejak dahulu kala, teknologi diciptakan manusia untuk menyelesaikan masalah yang mereka miliki dan juga untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan manusia beragam-ragam, jika kebutuhan tersebut sebagian besar terpenuhi, maka manusia bisa dikatakan makmur dan sejahtera. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia menciptakan teknologi.
Keindahan merupakan sebuah rasa yang bisa membuat seseorang senang, tenang, nyaman dan puas. Orang-orang memiliki berbagai cara untuk menciptakan keindahan. Diantaranya dengan menghias, membuat berbeda dari yang lainnya. Keindahan bisa dicapai dengan pengaturan proporsi , kesatuan, irama, cahaya dan cara site view.

Tugas Middle Test
Nama : Arief Angky Suseno
Dosen : Dr. Zulkifli M.
NIM : A1C110043
Mata Kuliah : ISBD
Program Studi : Pendidikan Matematika
Sandi MK : AMBB 114
I. Kebudayaan
Kebudayaan merupakan ciptaan manusia. Ciptaan berarti hasil olah pikir, teratur, serta bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, milik berssama/milik masyarakat. Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya.
7 unsur kebudayaan, yaitu:
1. Alat perlengkapan hidup manusia, misalnya makanan, pakaian, dan sebagainya.
2. Sistem mata pencaharian, seperti pedagang, petani.
3. Sistem kekerabatan/sistem sosial, pada masyarakat tertentu biasanya terdapat marga.
4. Sistem ilmu pengetahuan, penggunaan IPTEK pada masyarakat tertentu menunjukkan kemajuan masyarakat tersebut.
5. Kesenian.
6. Religi/kepercayaan.
7. Bahasa, misalnya masyarakat Jawa dan masyarakat memiliki bahasa daerah nya tersendiri.
II. Masalah Sosial Dan Ekonomi Dalam Kehidupan Keluarga Atau Masyarakat.
A. Problem / Masalah Sosial
1. Kemiskian, erat kaitannya dengan pengemisan.
2. Kejahatan.
3. Disorganisasi/keretakan keluarga,
4. Kenakalan generasi muda.
5. Pelanggaran norma.
6. Peperangan.
7. Kependudukan: peledakan jumlah penduduk.
8. Lingkungan hidup, dll.
B. Status Sosial dalam Ekonomi
1. Hight class (kelas tinggi)
2. Middle class (kelas menengah)
3. Low class (kelas bawah)
C. Kewibawaan
Golongan, status sosial, persamaan derajat. Erat kaitannya dengan: kekayaan, kedudukan/jabatan, kecantikan/ketampanan, kecerdasan, keulamaannya dan kepribadiannya.
D. Masalah kependudukan
Misalnya ledakan penduduk dapat mempengaruhi lapangan kerja, lingkungan(sampah, suara, air), meningkatkan angka kriminalaitas, rendahnya mutu/kualitas penduduk, menipisnya persediaan air bersih
E. Keluarga,
Dibentuk oleh dua orang laki-laki dan perempuan yang terikat oleh pernikahan.
III. Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota
Perbedaan antara masyarakat desa dan masyarakat kota :
1. Masyarakat Desa
Kehidupan Masyarakat Desa memiliki hubungan yang lebih erat dan lebih mendalam antarwarganya. Biasanya mereka hidup berkelompok dan mayoritas bermata pencaharian petani.Sisi negatifnya masyarakat desa cenderung memiliki keterbelakangan dalam kemajuan teknologi.
2. Masyarakat Kota
Kehidupan masyarakat kota, cenderung mengarah individual dan kurang mengenal antara warga yang satu dengan lainnya meskipun tempat tinggalnya berdekatan. Rasa persatuan tolong menolong dan gotong royong mulai pudar dan kepedulian sosial cenderung berkurang.
IV. Iptek
Teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
A. Peran Iptek Untuk Meningkatkan Kesejahteraan.
1. Penyediaan Sandang
2. Penyediaan Papan
3. Peningkatan Kesehatan
4. Peningkatan pendidikan
B. Dampak Negatif Akibat Penyalahgunaan Iptek.
1. Berkembangnya persenjataan yang dapat membahayakan keselamatan umat.
2. Berkembangnya berbagai macam teknologi yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat,contohnya teknologi tenaga nuklir sebagai pembangkit listrik.
3. Mudahnya mengakses berbagai macam situs yang berbentuk porno.
4. Penebangan hutan secara besar-besaran yang dilakukan tanpa memperhitungkan akibatnya.
5. Tercemarnya lingkungan akibat industri yang berlebihan.

V. Kebudayaan Nasional Dan Daerah.
Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945.

A. Kebudayaan Daerah
Kebudayaan Daerah adalah kebudayaan dalam wilayah atau daerah tertentu yang diwariskan secara turun temurun oleh generasi terdahulu pada generasi berikutnya pada ruang lingkup daerah tersebut.
B. Kebudayaan Nasional
Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni:

“Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa.”

VI. Keikhlasan
Secara bahasa, ikhlas berasal dari Bahasa Arab (Akhlasho- Yukhlishu-Ikhlasan) yang artinya memurnikan. Sedangkan menurut istilah ikhlas berarti tidak mengharapkan suatu imbalan/tanpa pamrih terhadap apapun yang terjadi dan rela atas apapun yang telah Allah karuniakan.

VII. Keindahan
Keindahan merupakan sebuah rasa yang bisa membuat seseorang senang, tenang, nyaman dan puas. Orang-orang memiliki berbagai cara untuk menciptakan keindahan. Diantaranya dengan menghias, membuat berbeda dari yang lainnya. Keindahan bisa dicapai dengan pengaturan proporsi , kesatuan, irama, cahaya dan cara.

VIII. Cinta Kasih
Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggungjawab. Contohnya antara lain, antara orangtua dan anak, pria dan wanita, sesama manusia, manusia kepada Tuhan,dan antara manusia terhadap lingkungannya. Ungkapan cinta kasih diwujudkan dengan tingkah laku, seperti dengan kata-kata, tulisan, gerak atau media lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar